4 Cara Menjaga Kulit Supaya Tidak Panuan

4 Cara Menjaga Kulit Supaya Tidak Panuan
4 Cara Menjaga Kulit Supaya Tidak Panuan. Panu adalah infeksi akibat jamur Malassezia furfur yang ditandai dengan timbulnya bercak berwarna coklat, putih, atau merah muda di bagian kulit mana pun. Selain membuat gatal, panuan juga bisa bikin Anda tidak percaya diri karena tampilannya yang merusak kulit. Jangan khawatir! Berbagai perawatan kulit ini bisa Anda sekaligus jadikan cara menghilangkan panu yang lebih cepat.

1. Jangan pakai pakaian ketat

alergi bahan pakaian
Apabila panu Anda berlokasi di bagian tubuh yang biasa tertutup pakaian, misalnya di punggung, lengan, kaki, atau perut, sebaiknya sementara waktu hindari pakai pakaian yang terlalu ketat. Gesekan dengan bahan pakaian akan semakin mengiritasi kulit yang meradang. Kulit yang berpanu juga akan terus lembap dan sulit bernapas bebas karena tertutup ketat, sehingga tidak kunjung sembuh.

3. Sabunan pakai sampo antiketombe

tips memilih sabun mandi
Tidak, Anda tidak salah baca! Dilansir dari laman Emedicine Health, sabunan pakai sampo antiketombe saat mandi bisa jadi cara menghilangkan panu yang ampuh. Ini berkat kandungan selenium sulfida, pyrithione zinc, serta ketoconazole yang ada dalam sampo antiketombe.
Gosokkan sampo antiketombe ke daerah kulit berpanu dan sekitarnya, diamkan selama 10 menit lalu bilas sampai bersih.

5. Pakai krim tabir surya


Jika situasi mengharuskan Anda beraktivitas di luar ruangan, lindungi dulu kulit Anda dengan mengoleskan tabir surya ber-SPF minimal 30 sebelum keluar rumah. Pastikan tabir surya Anda bertuliskan “broad spectrum“, yang memberikan perlindungan untuk radiasi UVA dan UVB sekaligus.

4. Hindari sinar matahari langsung

sinar matahari pagi menurunkan berat badan
Sebaiknya jangan terlalu sering terpapar sinar matahari langsung bila panu belum sembuh total. Pasalnya, paparan sinar matahari bisa memperburuk kondisi kulit yang mengalami panu. Warna kulit yang tidak rata akibat panu pun akan semakin terlihat.

Comments

Popular posts from this blog

Pulang Liburan Dari Bali , Seorang Pria dari Australia Lumpuh

Cara Menggunakan Minyak Goreng Agar Tidak Cepat Berubah Warna