Memakai Sepatu Tanpa kaus Kaki Bisa Terkena Sepsi, Benarkah?

Memakai Sepatu Tanpa kaus Kaki Bisa Terkena Sepsi, Benarkah?
Memakai Sepatu Tanpa kaus Kaki Bisa Terkena Sepsi, Benarkah?.
Seorang anak perempuan berusia 4 tahun dari Inggris dilaporkan The Sun baru-baru terkena infeksi yang berkembang menjadi sepsis. Penyebabnya diduga karena ia mencoba sepatu toko tanpa kaus kaki sehingga bakteri mudah masuk ke dalam kulit dari luka.

Apa benar hal tersebut bisa terjadi? Menurut Dr Amesh Adalja dari Johns Hopkins University Center for Health Security kemungkinannya sangat kecil. Kasus yang terjadi pada anak perempuan itu bisa dibilang langka sehingga orang-orang tidak perlu khawatir.

“Untuk kebanyakan, hampir semua orang, mencoba sepatu tanpa kaus kaki tidak akan membuat mereka terkena sepsis,” ucap Dr Amesh seperti dikutip dari Live Science, (5/9/2018).

“Ada banyak bakteri pada sepatu sama seperti ada banyak bakteri di permukaan lainnya. Sepatu dalam kasus ini hanya kebetulan saja,” pungkasnya.

Beruntung pada kasus ini sang anak berhasil diselamatkan setelah mendapat obat antibiotik dan dirawat selama lima hari di rumah sakit. Menurut Dr Amesh kaus kaki bukan jaminan bisa menghalangi bakteri masuk ke dalam luka di kaki sehingga kejadian serupa tidak terulang.

Sepsis sendiri adalah komplikasi yang bisa terjadi akibat infeksi bakteri. Saat racun dari bakteri menyebar luas di dalam darah maka tubuh tidak akan mampu melawannya sehingga mulai terjadi penurunan fungsi organ. Bila tidak segera ditangani maka sepsis dapat menyebabkan kematian.

Oleh karena itu sangat dianjurkan bila terjadi luka agar segera dibersihkan dan ditutup. Tujuannya agar bakteri tidak masuk ke tubuh menyebabkan infeksi.

Comments

Popular posts from this blog

4 Cara Menjaga Kulit Supaya Tidak Panuan

Pulang Liburan Dari Bali , Seorang Pria dari Australia Lumpuh

Cara Menggunakan Minyak Goreng Agar Tidak Cepat Berubah Warna